Cara Membuat Kue Mendut Lembut Enak Mudah Praktis

Cara Membuat Kue Mendut Lembut Enak Mudah Praktis – Makanan ringan sekaligus jajanan pasar dari jenis kue tradisional yang juga merupakan kue khas daerah Jawa adalah kue mendut. Kue yang keberadaannya saat ini sudah mulai jarang didapat karena memang sudah mulai tersisih kepopulerannya oleh beragam makanan ringan modern bergaya western. Kue yang terdapat bahan isi di dalamnya ini menggunakan bahan dasar tepung ketan dan melewati tahap pengukusan dalam proses pembuatannya. Kue mendut yang sudah jadi dan siap dimakan berasa manis lezat dengan tekstur cukup kenyal saat dikunyah. Kue tradisional ini selain terasa enak juga mengeluarkan aroma harum dari hasil penambahan daun pandan pada saat proses pembuatannya. Anda yang sudah lama sekali tidak menikmati kue mendut dan ingin kembali menikmatinya bisa menjajalnya langsung di rumah dengan mengikuti cara pembuatan kue mendut mudah praktis seperti di bawah ini.

Cara Membuat Kue Mendut Mudah Praktis

Kue Mendut

Komposisi

  • Kelapa parut 150 gr
  • Santan kelapa kental300 cc
  • Gula pasir75 gr
  • Secukupnya air hangat
  • Tepung ketan250 gr
  • Tepung beras3 sendok makan
  • Air kapur sirih½ sendok teh
  • Garam1 sendok teh
  • Pewarna makanan (hijau dan merah) secukupnya
  • Daun pisang dan daun pandan secukupnya
  • Tusuk gigi/batang lidi kecil secukupnya

Langkah Membuat Kue Mendut Mudah Praktis

  1. Buat susu untuk kue mendut dengan cara memasak santan kental yang telah dicampurkan dengan tepung beras serta secukupnya garam hingga mendidih dan matang. Jangan lupa untuk menambahkan daun pandan agar lebih beraroma wangi. Angkat dan sisihkan.
  2. Selanjutnya membuat bahan isi kue mendut dengan cara mencampurkan parutan kelapa dengan secukupnya garam dan gula pasir serta air putih ( ½ gelas). Kemudian masak campuran bahan isi kue mendut ini hingga airnya menyusut. Angkat dan sisihkan.
  3. Setelah bahan isi selesai disiapkan, kemudian beralih ke pembuatan kulit kue mendut dengan cara mencampurkan tepung ketan dengan air kapur sirih serta garam. Aduk-aduk atau uleni dengan tangan sambil disirami air hangat hingga menjadi adonan kalis. Jika sudah menjadi adonan kulit mendut berarti saatnya membagi adonan menjadi dua. Adonan pertama diberi tambahan pewarna makanan merah sedangkan adonan kedua diberi pewarna makanan hijau.
  4. Comot secukupnya adonan kulit mendut, kemudian bentuk pipih dengan tambahan bahan isi dibagian tengahnya, lalu bentuk bulat. Lakukan berulang hingga adonan kulit dan bahan isi mendut habis.
  5. Berikutnya, siapkan daun pisang, taruh 2 kue mendut dengan warna hijau dan merah yang sudah dibentuk bulat pada daun pisang tersbut lalu lipat daun pisang hingga membungkus kue mendut dengan bantuan lidi yang disematkan pada setiap lipatan daun pisang. Setelah itu, siramkan saus santan pada kue mendut dalam bungkusan daun pisang.
  6. Masukkan bungkusan daun pisang berisi kue mendut yang sudah disirami saus santan ke dalam pengukusan. Tunggu sampai matang. Angkat dan sajikan.

Selesai sudah langkah-langkah dalam pembuatan kue tradisional mendut. Selamat mencoba.

TAG

kue mendut modern,kue mendut,cara membuat mendut,cara membungkus kue mendut,cara membungkus mendut,cara membuat kue mendut,resep kue mendut,makanan mendut,cara membungkus mendut dengan daun pisang,resep mendut modern
Cara Membuat Kue Mendut Lembut Enak Mudah Praktis | Farid | 4.5