Cara Membuat Fondant Untuk Hiasan Kue Tart

Cara Membuat Fondant Untuk Hiasan Kue Tart – Sebagian orang mungkin belum mengetahui bagaimana cara membuat fondant. Sehinga ketika membutuhkan fondant untuk menghias kue, orang-orang lebih memilih untuk membeli. Padahal sebenarnya ada cara untuk membuat fondant dengan mudah. Fondant merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk menghias kue. Untuk membuat fondant, dibutuhkan bahan-bahan yang tidak terlalu sulit untuk didapatkan. Fondant memiliki rasa yang manis dan mudah untuk dibentuk karena tergolong elastis. Hampir sama seperti lilin mainan tetapi bedanya fondant bisa dimakan. Fondant semakin mempercantik bentuk sebuah kue. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membuat fondant sendiri di rumah.

Bahan-bahan dalam Cara Membuat Fondant:

Cara Membuat Fondant Untuk Hiasan Kue

  • Garam sebanyak ¼ sdt
  • Gula halus sebanyak 1 kg
  • Tepung maizena
  • Gelatin serbuk sebanyak 10 gram
  • Sirup gula sebanyak 120 cc. Cara membuatnya yaitu dengan memanaskan air sebanyak 100 cc dengan gula pasir sebanyak 100 gram hingga mendidih dan larut.
  • Perasa makanan. Bisa sesuai dengan selera anda.
  • Glycerine sebanyak 6 cc (turunan dari gula). Bahan ini bisa anda dapatkan di apotik.
  • Air dingin sebanyak 60 cc

Langkah-langkah dalam Cara Membuat Fondant:

  1. Dalam langkah cara membuat fondant yang pertama, campurkan terlebih dahulu gelatin serbuk dengan air dingin. Kemudian biarkan hingga gelatin menyerap air.
  2. Siapkan kompor dan panaskan sirup gula. Setelah itu, masukkan gelatin yang sudah menyerap air dingin, garam, perasa makanan, dan juga glycerine ke dalam sirup gula yang sedang dipanaskan. Aduk adonan hingga larut dan merata. Kemudian biarkan hingga dingin.
  3. Tahap selanjutnya, siapkan meja atau wilayah yang bersih dan cukup luas. Kemudian taburkan gula halus pada sekitaran wilayah dan buat lubang di tengah-tengah. Setelah itu, sirup gula dengan campuran beberapa bahan (gelatin, glycerine, garam, dan perasa makanan) dituangkan ke dalam gula halus. Untuk menghindari tangan menjadi lengket, maka ada baiknya jika anda mengaduk adonan dengan menggunakan spatula. Atau bisa juga dengan menggunakan sarung tangan plastik.
  4. Adonan yang sudah rata kemudian dicampurkan dengan tepung maizena secukupnya. Setelah itu adonan sudah bisa dibentuk dengan mudah. Bentuk yang paling mudah adalah lingkaran. Bungkus adonan yang telah dibentuk menggunakan plastik kemudian diamkan selama semalam di dalam lemari es sebelum digunakan.

Demikianlah cara membuat fondant yang biasa digunakan untuk menghias kue.

TAG

cara membuat fondant,resep fondant,cara membuat pondan,Cara membuat fondan,cara menghias kue tart,cara membuat fondant cake,cara buat fondant,cara menghias kue tart dengan fondant,resep membuat fondant,cara membuat fondant untuk hiasan cake
Cara Membuat Fondant Untuk Hiasan Kue Tart | Balqish Annur Qaishah | 4.5